Goes To Djogja (ini pengalaman mending jgn dibaca haha)

Wisata Candi Borobudur








k
ami dalam perjalanan menuju jogja kami sempat mengunjungi wilayah tempat wisata yang bernama candi borobuddur. kami tiba di candi borobudur pada pukul 07.30. setelah masu ke dalam, dari gerbang berjarak sekitar 250 m ke candinya. borobudur terdiri dari 2 kata yaitu boro dan budhur. artinya itu intinya wihara yang di bangun di tempat yg tinggi. candi itu dibangun  pada abad 8 oleh raja samara tungga dari dinasti salendra. candi itu mempunyai fungsi:
1. tempat bersemedi
2. tempat penyebaran umat budha , dan
3. sebagai dunia kecil bagi umat budha
ketinggian candi borobudur bisa di perkirakan sekitar 35 m
dan ketinggian alasnya sekitar 125 m
dibangun dengan batu sebanyak 55rb  dan ± 2 jt potong batu dengan jenis andesit / lava.
borobudur punya 3 bagian:
1. tingkat pertama namanya kamadatu menggambarkan khidupan manusia yg dikuasai oleh hawa nafsu.
2. tingkat kedua - kelima namanya Rupadatu menggambarkan kehidupan manusia yang terlepas dari nafsu namun masih terikat dengan dunia wujud
3. tingkat 6 - 10 namanya arupadatu menggambarkan kehidupan manusia yang sudah terlepas dari keinginan duniawi dan dunia wujud
candi borobudur dihiasi dengan 1545 stupa, 504 patung budha, 432 relung, 100 jala dwara/ step pancuran air, 32 patung singa, 324 ratna kumuda, 24 gapura, 1212 relief dekoratif, 1460 relief bercerita yang menceritakan tentang:
1. maha karma wibangga menceritakan hukum karma
2. lalita wistara kehidupan sidarta gautama
3. awadana kehidupan orang2 yang dianggap suci oleh umat budha
4. jatakamala kelahiran kembali sang budha
5. gandawiyuha usaha manusia untuk menjadi budha
6. badracari kelanjutan dari gandawiyuha kehidupan dinirwana
dan itulah yg bisa kami dapat dari pembimbing candi borobudur haha :D dan kira kira kami slesai dari sana sekitar jam 09.00 okee... dan sedikit belanja belanja lalu kami ke ketep pas dan masih banyak capek ni nulis tar lagi yak kalo mau tungguin aja ntar di edit lg okee (y)

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Goes To Djogja (ini pengalaman mending jgn dibaca haha) ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 27 September 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Goes To Djogja (ini pengalaman mending jgn dibaca haha)
 

0 komentar:

Posting Komentar